RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS : X
SEMESTER : 1
A. STANDAR KOMPETENSI :
Mendengarkan :
1. Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung
B. KOMPETENSI DASAR :
1.2 Mengidentifikasi unsur sastra (intrinsik dan ekstrinsik) suatu cerita yang disampaikan secara langsung atau melalui rekam¬an
C. MATERI PEMBELAJARAN :
Rekaman cerita, tuturan langsung (kaset, CD, buku cerita)
• unsur intrinsik (tema, alur, konflik, penokohan, sudut pandang, dan amanat)
• unsur ekstrinsik (agama, politik, sejarah, budaya)
D. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :
No | Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Budaya dan Karakter Bangsa | Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif |
1. |
Menyampaikan unsur-unsur ekstrinsik (nilai moral, kebudayaan, agama, dll)
| Bersahabat/komunikatif, tanggung jawab | Kepemimpinan |
2. | Menanggapi (setuju atau tidak setuju) unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik yang disampaikan teman. | Bersahabat/komunikatif, tanggung jawab | Kepemimpinan |
3. | Menyampaikan unsur-unsur intrinsik ( tema, penokohan, konflik, amanat, dll.). | Bersahabat/komunikatif, tanggung jawab | Kepemimpinan |
4. | Menanggapi (setuju atau tidak setuju) unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik yang disampaikan teman. | Bersahabat/komunikatif, tanggung jawab | Kepemimpinan |
E. TUJUAN PEMBELAJARAN* :
Siswa dapat:
• Menyampaikan unsur-unsur intrinsik ( tema, penokohan, konflik, amanat, dll.) yang terkandung di dalam cerita yang disajikan disertai contoh kutipannya.
• Menyampaikan unsur-unsur ekstrinsik (nilai moral,kebudayaan, agama, dll.) yang terkandung di dalam cerita yang disajikan disertai contoh kutipannya.
• Menanggapi (setuju atau tidak setuju) unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik yang disampaikan teman dengan menggunakan bahasa yang santun dan efektif.
F. METODE PEMBELAJARAN :
- Penugasan
- Diskusi
- Tanya Jawab
- Unjuk kerja
- Ceramah
- Demonstrasi
G. Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
• Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung.
|
| |
• Menyampaikan unsur-unsur ekstrinsik (nilai moral,kebudayaan, agama, dll.) |
| • Mencari siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung |
• Menanggapi (setuju atau tidak setuju) unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik yang disampaikan teman. |
| • Siswa dapatMenyampaikan unsur-unsur intrinsik ( tema, penokohan, konflik, amanat, dll.) yang terkandung di dalam cerita yang disajikan disertai contoh kutipannya. |
• Siswa Menyimpulkan tentang siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung.
|
|
H. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
No | Kegiatan Belajar | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | |
1. |
Kegiatan Awal :
- Guru menjelaskan
Tujuan Pembelajaran hari ini.
| Bersahabat/ komunikatif | |
2. |
| Tanggung jawab | |
3. |
Kegiatan Akhir :
- Refleksi
- Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini. | Bersahabat/ komunikati | |
I. ALOKASI WAKTU :
4 x 40 menit
J. SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
Buku cerita/kaset
LKS : Tim. Bahasa Indonesia SMA X. Sukoharjo: Pustaka Firdaus.
Buku pendamping: Syamsuddin A.R. Kompetensi Berbahasa dan Sastra Indonesia Kelas X. Surakarta: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri. 2006.
K. PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
Tugas individu
Ulangan
Bentuk Instrumen:
Uraian bebas Pilihan ganda
Jawaban singkat
Mengetahui, 2011
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
NIP. NIP
Tidak ada komentar:
Posting Komentar