RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS : X
SEMESTER : 1
A. STANDAR KOMPETENSI :
Berbicara : 2. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi melalui kegiatan berkenalan, berdiskusi, dan bercerita
B. KOMPETENSI DASAR :
2.2 Mendiskusikan masalah (yang ditemukan dari berbagai berita, artikel, atau buku)
C. MATERI PEMBELAJARAN :
Teks berita, artikel, buku yang berisi informasi aktual (misalnya, AIDS/HIV, SARS, bencana alam)
1. penentuan masalah dalam berita
2. daftar kata sulit dan maknanya
D. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :
No | Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif | |
1 | Mencatat masalah dari berbagai sumber | • Bersahabat/komunikatif
• Tanggung jawab
| • Kepemimpinan | |
2 | Menanggapi masalah dalam berita, artikel, dan buku |
| • Kepemimpinan | |
3 | Mengajukan saran dan pemecahan terhadap masalah yang disampaikan |
| • Kepemimpinan | |
4 | Mendaftar kata-kata sulit dalam teks bacaan |
| • Kepemimpinan | |
5 | Membahas maknanya |
| • Kepemimpinan |
E. TUJUAN PEMBELAJARAN* :
Siswa dapat :
1) Mencatat masalah dari berbagai sumber
2) Menanggapi masalah dalam berita, artikel, dan buku
3) Mengajukan saran dan pemecahan terhadap masalah yang disampaikan
4) Mendaftar kata-kata sulit dalam teks bacaan
5) membahas maknanya
F. METODE PEMBELAJARAN :
• Penugasan
• Diskusi
• Tanya Jawab
• Ceramah
• Demonstrasi
G. StrategiPembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
• Mengamati Teks berita, artikel, buku yang berisi informasi aktual. | • Siswa dapat Mencatat masalah dari berbagai sumber. | |
• Menuliskan kata sulit dalam teks bacaan | Mendaftar kata-kata sulit dalam teks bacaan | |
• Mencari dan mengumpulkan data (misalnya, AIDS/HIV, SARS, bencana alam) | ||
• Siswa dapat membahas maknanya. |
H. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
No | Kegiatan Belajar | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1 | Kegiatan Awal :
- Guru menjelaskan Tujuan Pembelajaran hari ini.
- Guru mendeskripsikan berbagai pengalaman.
| Bersahabat/ komunikatif |
2 | Kegiatan Inti :
? Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
? Secara
bergiliran siswa mencari artikel, atau buku yang berhubungan dengan
lingkungan daerah masing-masing (misalnya, Folio, SARS, atau bencana
alam yang terkait dengan daerah setempat)*
? Membaca berita, artikel atau buku.
? Mengidentifikasi masalah dalam artikel
? Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
? Mendiskusikan masalah
? Melaporkan hasil diskusi
? Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
? Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
? Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
| Tanggung jawab |
2 | Kegiatan Akhir :
- Refleksi
- Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.
| Bersahabat/ komunikatif |
I. ALOKASI WAKTU :
4 x 40 menit
J. SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
• Buku cerita lucu/ kaset cerita
• Pengalaman langsung
• Bukupendamping
:Syamsuddin A.R. Kompetensi Berbahasa dan Sastra Indonesia Kelas X.
Surakarta: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri. 2006.
K. PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
? Tugas individu
? Ulangan
Bentuk Instrumen:
? Uraian bebas
? Pilihan ganda
? Jawaban singkat
Mengetahui, 2011
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar